Kamis, 01 Januari 2009

Sungai Brantas

Sungai Brantas adalah sebuah sungai di Jawa Timur. Sungai ini merupakan yang terpanjang kedua di pulau Jawa setelah Sungai Bengawan Solo dengan panjang 320km. Sungai Brantas bermata air di Desa Sumber Brantas (Kota Batu), lalu mengalir ke Malang, Blitar, Tulungagung, Kediri, Jombang, Mojokerto. Di Kabupaten Mojokerto sungai ini bercabang dua manjadi Kali Mas (ke arah Surabaya) dan Kali Porong (ke arah Porong, Kabupaten Sidoarjo).

Sungai Brantas memiliki fungsi yang sangat penting bagi Jawa Timur mengingat 60% produksi padi berasal dari areal persawahan di sepanjang aliran sungai ini. Akibat pendangkalan dan debit air yang terus menurun sungai ini tidak bisa dilayari lagi. Fungsinya kini beralih sebagai irigasi dan bahan baku air minum bagi sejumlah kota disepanjang alirannya. Adanya beberapa gunung berapi yang aktif di bagian hulu sungai, yaitu Gungung Kelud dan Gunung Semeru meyebabkan banyak material vulkanik yang mengalir ke sungai ini. Hal ini menyebabkan tingkat sedimentasi bendungan-bendungan yang ada di aliran sungai ini sangat tinggi.

Terkait dengan dengan lumpur Lapindo, aliran sungai ini dipergunakan untuk menggelontor sebagian semburan lumpur ke selat Madura.

Beberapa waduk berada di sepanjang aliran sungai ini maupun di anak-anak sungainya, diantaranya:

Waduk Ir. Sutami(Karangkates)

Waduk Selorejo

Waduk Wlingi

Waduk Lahor

Semua waduk di atas dikelola oleh Perum Jasatirta I

0 komentar:

Template by : Dirrga dirrga.blogspot.com